Senin, 31 Juli 2017

Definisi Karyawan Secara Umum

Definisi Karyawan Secara Umum

Definisi Karyawan Secara Umum - Pegawai tetaplah yaitu pegawai yang terima atau peroleh pendapatan dalam jumlah spesifik dengan teratur, termasuk juga anggota dewan komisaris serta anggota dewan pengawas, dan pegawai yang bekerja berdasar pada kontrak untuk satu periode waktu spesifik yang terima atau peroleh pendapatan dalam jumlah spesifik dengan teratur. (PER-31). 
baca : informasi training pajak 

Pengertian yang lebih luas kita dapatkan dalam PMK-252, Pegawai tetaplah yaitu pegawai yang terima atau peroleh pendapatan dalam jumlah spesifik dengan teratur, termasuk juga anggota dewan komisaris serta anggota dewan pengawas yang dengan teratur terus-terusan turut mengelola aktivitas perusahaan dengan segera, dan pegawai yang bekerja berdasar pada kontrak untuk satu periode waktu spesifik selama pegawai yang berkaitan bekerja penuh (full time) dalam pekerjaan itu. 

Pegawai Kontrak Menurut Pajak 

Pegawai kontrak juga akan kita dapatkan baik di pemerintahan ataupun di bidang swasta. Di bidang pemerintahan sekarang ini di kenal ada pegawai tidak tetaplah pemerintah sesuai sama Undang-Undang Nomor 5 Th. 2014 mengenai Aparatur Sipil Negara. Sesaat di swasata pegawai kontrak telah lama ada bersamaan ada Undang-Undang No. 3 Th. 2013 mengenai Ketenagakerjaan. 
baca : training pajak penghasilan 

Dalam dunia ketenagakerjaan, di kenal ada pegawai tetaplah serta pegawai tidak tetaplah (pegawai kontrak). Pegawai tetaplah (permanent employee) yang disebut ketenagakerjaan biasanya didefinisikan jadi pekerja yang mempunyai kesepakatan kerja dengan entrepreneur untuk periode waktu tidak spesifik (permanent) yang umumnya di kenal dengan arti Kesepakatan Kerja untuk Saat Tidak Spesifik (PKWTT). Sedang pegawai tidak tetaplah (pegawai kontrak) pada umumnya didefinisikan jadi pekerja yang mempunyai kesepakatan kerja dengan entrepreneur terbatas untuk periode waktu spesifik atau berdasar pada selesainya satu pekerjaan spesifik, yang umumnya di kenal dengan arti PKWT. Dalam praktik, banyak perusahaan yang mengaplikasikan system kontrak periode waktu spesifik, sebelumnya lalu keryawan itu jadi karyawan tetaplah perusahaan. Pegawai kontrak umumnya kerjakan pekerjaan yg tidak berlainan dengan karyawan tetaplah, cuma saja karna kebijakan SDM di satu perusahaan yg tidak atau belum juga sangat mungkin mengangkatnya jadi karyawan tetaplah. 

Dilingkup pemerintahan dikenal juga ada pegawai kontrak atau pegawai tidak tetaplah pemerintah. Sekarang ini dengan terdapatnya Undang-Undang Nomor 5 th. 2014, Aparatur Sipil Negara terbagi dalam PNS serta Pegawai Pemerintah dengan Kesepakatan Kerja (PPPK). PPPK pada prinsipnya yaitu pegawai tidak tetaplah pemerintah, yang bisa diberhentikan jika tujuan yang didapatkan dalam kontrak kerja tidak tercukupi. Rencana ini diaplikasikan untuk mendukung peranan efisiensi biaya negara serta produktivitas pegawai. 

Definisi Karyawan Secara Umum

Berdasar pada pengertian yang didapatkan oleh PER-31/2012 serta PMK-252 seperti sudah di jabarkan di atas, ada dua unsur dalam memastikan pegawai tetaplah menurut pajak yakni terima pendapatan dengan teratur serta bekerja penuh saat. Diluar itu ketentuan pajak juga telah menunjukkan kalau pegawai kontrak juga pada intinya termasuk juga pegawai tetaplah seperti yang tertuan dalam pengertian... 
"... dan pegawai yang bekerja berdasar pada kontrak untuk satu periode waktu spesifik... " 

Nah, dari sini bisa di ambil benang merah kalau sesungguhnya baik pegawai tetaplah ataupun pegawai kontrak menurut ketenagakerjaan serta aparatur sipil negara bila dihubungkan dengan perpajakan kedua-duanya adalah pegawai tetaplah dalam kacamata pajak pendapatan implikasinya dalam penghitungan Pajak Pendapatan Pasal 21 yaitu mereka memiliki hak atas cost jabatan serta memperoleh pengurangan PTKP satu tahun. 


perbedaan pegawai tetap dan tidak tetap
pengertian karyawan tetap menurut para ahli
pegawai tetap pph pasal 21
pengertian pegawai honorer
keuntungan menjadi karyawan tetap
keuntungan menjadi karyawan kontrak
perbedaan gaji karyawan tetap dan kontrak
pengertian karyawan tetap
keuntungan menjadi karyawan tetap
karyawan tetap vs karyawan kontrak
pengertian karyawan tetap menurut para ahli
perbedaan karyawan tetap dan kontrak
karyawan kontrak adalah
definisi karyawan secara umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar